Ilmunya-ngoding.blogspot.com |
RPL(Rekayasa Perangkat Lunak)
Jadi RPL adalah kepanjangan dari rekayasa perangkat lunak. Artinya apa? jadi rpl adalah sebuah bidang ke ahlian dalam sebuah sekolah menengah ke juruan atau biasa di sebut SMK. Yang mendalami tentang cara-cara pengembangan perangkat lunak, seperti cara pembuatan, pemeliharaan serta menejemen organisasi pengembangan perangkat lunak. Nah jadi itulah pengertian atau definisi tentang RPL atau rekayasa perangkat lunak. Selanjutnya kita akan mulai membahas ke soal yang pertama.
LATIHAN SOAL
Pertama, Kumpulan data, disimpan dalam file, bisa dalam satu file atau pun beberapa file. Dalam sistem informasi berbasis komputer maka database merupakan kumpulan data yang distrukturkan sehingga memungkinkan kemudahan dalam pemrosesan untuk menghasilkan suatu informasi. Merupakan pengertian dari?- Sistem informasi
- Database
- Informasi
- MySQL
Penjelasan: jadi jawaban dari soal di atas adalah database yang nomer 2 ya. Karena pengertian database adalah sesuai soal di atas. Baiklah kita lanjutke soal yang nomer dua ya.
Kedua, Program ini pada awalnya diciptakan pada tahun 1979, oleh Michael "Monty" Widenius, seorang programmer komputer asal Swedia. Monty mengembangkan sebuah sistem database sederhana yang dinamakan UNIREG yang menggunakan koneksi low-level ISAM database engine dengan indexing. Pada saat itu Monty bekerja pada perusahaan bernama TcX di Swedia. Merupakan sejarah dari perangkat ?
- Ms Exel
- My Sql
- Oracel
- Basis data
Penjelasan: jika kalian menemukan soal seperti di atas maka jawabanya adalah My Sql ya. Karena mysql sendiri di ciptakan oleh michael monty widenius pada tahun 1979. Dia adalah seorang penulis utama dari versi asli dari database MySQL open source, anggota pendiri perusahaan MySQL AB dan saat ini CTO dari MariaDB Corporation AB. Selain itu, ia adalah pendiri dan mitra umum di perusahaan modal ventura, OpenOcean. Baiklah kita akan lanjut ke soal yang berikutnya.
Ketiga, Sebuah fakta tentang sesuatu dalam dunia nyata (dapat berupa angka, deretan karakter, simbol dan gambar) yang dapat direkam dan disimpan pada media komputer. Adalah pengertian dari?
- Data
- Informasi
- Database
- Basis data
Penjelasan: Jawaban dari soal di atas adalah data. Karena definsi dari data adalah soal di atas. Baikah kita lanjut ke soal berikutnya. Untuk lebih jelasnya simak di bawah ini.
Empat, Suatu bidang ilmu yang mempelajari bagaimana membangun grafik (gambar) baik 2D maupun 3D yang kelihatan nyata menggunakan computer adalah.
- Desain Grafik
- Desain Grafis
- Grafik Komputer
- Animasi
Penjelasan: Jawaban dari soal ke empat adalah Grafik komputer. Kenapa buka desain grafis? karena definisi atau pengertian dari desain grafis adalah proses komunikasi menggunakan elemen visual, seperti tulisan, bentuk, dan gambar yang dimaksudkan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang disampaikan. Bidang ini melibatkan proses komunikasi visual. Lanjut ke soal berikutnya.
Lima, Yang merupakan karakteristik dari warna RGB adalah kecuali...
- Setiap komponen warna disimpan secara terpisah dalam frame buffer.
- Biasanya 8 bit per komponen dalam buffer.
- Atribut dan warna bukan merupakan kesatuan dari objek.
- Catatan dalam glColor3f kisaran nilai warna dari 0,0 (tidakada) menjadi 1,0 (semua), sedangkan di glColor3ub nilai berkisar dari 0 sampai 255.
Penjelasan: Jawaban dari soal di atas adalah yang nomer 3, kenapa yang nomer 3? karena semua jawaban dari soal di atas adalah benar kecuali yang nomer 3 yaitu Atribut dan warna bukan merupakan kesatuan dari objek. Baiklah kita lanjut ke soal yang berikutnya.
Enam, Yang dimaksud Koordinat Homogen adalah...
- Representasi Kordinat 2 dimensi dengan 3 vektor.
- Representasi Kordinat 3 dimensi dengan 2 vektor.
- Representasi Kordinat 1 dimensi dengan 2 vektor.
- Representasi Kordinat 3 dimensi dengan 3 vektor.
Penjelasan: Kordinat homogen adalah Sebuah transformasi koordinat dalam ruang 3D adalah fungsi yang mengambil vektor 3-komponen sebagai input dan mengembalikan berubah vektor 3-komponen. Secara umum, fungsiseperti bisa apa saja (persegi, eksponensial, dll) dan akan mengubah ruang dengan cara sewenang-wenang. Dari penjalasan itu dapat di ambil jawaban Representasi Kordinat 2 dimensi dengan 3 vektor. Lanjut ke soal berikutnya.
Tujuh, Kumpulan titik-titik yang tersusun sedemikian rupa sehingga memiliki pangkal dan ujung disebut.
- Garis
- Pixel
- Vector
- Titik
Penjelasan: jawabanya Garis, Karena kumpulan dari titik akan menghasilkan sebuah garis yang memiliki pangkal dan ujung. Baiklah kita lanjut ke latihan soal berikutnya.
Delapan, Illusion Of Motion yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan, dikenal dengan istilah.
Delapan, Illusion Of Motion yang dibuat dari image statis yang ditampilkan secara berurutan, dikenal dengan istilah.
- Animasi
- Grafis
- Desain
- Bidang
Penjelasan: Animasi adalah adalah gambar begerak berbentuk dari sekumpulan objek (gambar) yang disusun secara beraturan mengikuti alur pergerakan yang telah ditentukan pada setiap pertambahan hitungan waktu yang terjadi. Gambar atau objek yang dimaksud dalam definisi di atas bisa berupa gambar manusia, hewan, maupun tulisan.
Sembilan, Sumbu / poros grayscale bergerak dari...
Sembilan, Sumbu / poros grayscale bergerak dari...
- (0,1,0) – (2,0,1)
- (0,0,0) – (1,1,1)
- (1,1,1)
- (0,0,0)
Penjelasan: jawabanya adalah nomer dua, karena sumbu atau poros dari grayscale bergerak dari 0,0,0 sampai ke 1,1,1. Baiklah kita lanjut ke latihan soal yang berikutnya. Simak di bawah ini.
Sepuluh, Apa yang dimaksud dengan Client?
Penjelasan: Jadi fungsi remote data adalah untuk melayani permintaan data dengan kriteria yang di tentukan. Maka jawaban dari soal di atas adalah yang nomer 1. Baiklah kita lanjutke soal dan penjelasan yang selanjutnya yaitu nomer tigabelas, untuk lebih jelasnya kalian bisa simak di bawah ini.- Sistem atau proses yang menyediakan data atau layanan yang diminta client.
- Teknologi pedistribusian Antara computer
- Sistem atau proses yang melakukan suatu permintaan data atau layanan server
- Teknologi pedistribusian Antara Manusia.
Penjelasan: Jadi client adalah komputer dalam jaringan yang menggunakan sumber daya yang disediakan oleh server. Lebih jelasnya Client adalah Pemakai layanan. Pada prinsipnya Client dan server merupakan suatu system yang merupakan aplikasi jaringan komputer yang saling terhubung. Jadi singkatnya client adalah Sistem atau proses yang melakukan suatu permintaan data atau layanan
SeBelas, Apa yang dimaksud dengan Client Server?
SeBelas, Apa yang dimaksud dengan Client Server?
- Sistem atau proses yang menyediakan data atau layanan yang diminta client
- Sistem atau proses yang melakukan suatu permintaan data atau layanan server
- Teknologi pendistribusian kerja aplikasi Antara dua komputer atau lebih
- Teknologi pedistribusian Antara computer
Penjelasan: Jika client adalah sistem atau proses yang melakukan suatu permintaan data atau layanan sever. Maka client server adalah sebuah pendistribusian kerja aplikasi antara dua buah komputer atau lebih. Maka jawaban dari soal di atas adalah yang nomer 3. Baiklah kita lanjut ke soal yang berikutnya.
DuaBelas, Remote data berfungsi untuk?
- Untuk melayani permintaan data dengan kriteria yang ditentukan.
- Kontrol atas data delegasikan secara tersebar sesuai dengan lokasi kerja yang bertanggung jawab pada data tertentu
- Pembagian kerja antar client dan server yang berhubungan dengan pengolahan data.
- Menerjemahkan tampilan antar muka aplikasi yang statis dan membentuk tampilan antar muka di client yang grafikal dan dapat mengeksploitasi fasilitas di client.
TigaBelas, Apa kepanjangan dari ODBC?
- Open Data Comunitif
- Open Database Connectivity
- Oper Database Comunitif
- Open Data Connectivity
Penjelasan: Apa sih ODBC itu? ODBC atau kepanjangan dari open database connectivity adalah sebuah standar terbuka untuk konektivitas antar mesin basis data. Standar ini menyediakan API yang dapat digunakan untuk menjalankan dan mengoneksikan sebuah aplikasi dengan sebuah sistem manajemen basis data. Jadi itulah penjelasan tentang ODBC. Kita lanjut ke soal yang berikutnya.
EmpatBelas, Apa yang dimaksud ODBC API?
- Sekumpulan panggilan fungsi pada kode kesalahan dan syntaax sql yang mendefinisikan bagaimana data diakses dalam DBMS.
- Digunakan untuk mengkonfigurasi DBMS sehingga dapat digunakan untuk sumber data aplikasi.
- Digunakan untuk mengkonfigurasi DBMS sehingga dapat digunakan untuk sumber data aplikasi.
- Satu atau lebih DLL yang memproses pemanggilan fungsi untuk DBMS.
Penjelasan: Jika di soal yang ke tiga belas tadi saya sudah menjelaskan tentang apa itu ODBC. Maka di soal yang ke empat belas ini saya akan menjelaskan tentang ODBC API. Apa sih ODBC API itu?Sebenarnya sudah di jelaskan juga di penjelasan nomer tiga belas tadi bahwa ODBC menyediakan API yang di gunakan untuk menjalakan sebuah aplikasi dengan sistem DBMS. Jadi intinya jawaban dari soal nomer EmpatBelas adalah Sekumpulan panggilan fungsi pada kode kesalahan dan syntaax sql yang mendefinisikan bagaimana data diakses dalam DBMS yang nomer 1. Baiklah lanjut ke soal yang ke lima belas.
LimaBelas, Yang termasuk Struktur Query Language adalah ?
- Select * From
- Select Statement
- Select Where
- Create Table
Penjelasan: Struktur query language atau di singkat SQL adalah sebuah bahasa yang digunakan untuk mengakses data dalam basis data relasional. Bahasa ini secara de facto merupakan bahasa standar yang digunakan dalam manajemen basis data relasional. Saat ini hampir semua server basis data yang ada mendukung bahasa ini untuk melakukan manajemen datanya. Jadi jawaban dari soal di atas adalah Select Statement. Baiklah kita akan lajutke soal yang berikutnya.
EnamBelas, Yang bukan merupakan proses dalam pengubahan struktur dalam table adalah?
- Menambahkan Field
- Mengubah Field
- Menghapus Field
- Mengecek nama Field
Penjelasan: Mengapa jawabanya yang nomer 4? Karena mengecek nama field tidak akan merubah apapun dalam struktur table, sementara jawaban yang lain adalah proses pengubahan struktur dalam table. Seperti menambahkan, menghapus serta mengubah field. Baiklah itu penjalasan dari soal nomer enambelas. Kita lanjutke soal yang berikutnya.
TujuhBelas, Yang dimaksud dengan Natural Join adalah?
- Join yang dimana dilakukan dengan menggunakan wildcard ( SELECT * ) untuk suatu table dan sub-kumpulan eksplit dan field untuk semua table lainnya
- Yang akan menampilkan semua baris pada tabel yang terletak pada kanan syntax JOIN walapun tidak sesuai dengan tabel yang berada pada sebelah kiri JOIN
- Digunakan mendapatkan data dari tabel lain berdasarkan kolom yang dihubungkan
- Penggabungan dua tabel, suatu tabel sumber dan anggota, yang mempunyai nilai dari satu kolom atau lebih
Penjelasan: Jadi yang di maksude dengan natural join adalah join yang dimana dilakukan dengan menggunakan wildcard ( SELECT * ) untuk suatu table dan sub-kumpulan eksplit dan field untuk semua table lainnya. Jadi jawaban dari soal di atas adalah yang nomer 1. Baik, lanjut ke soal berikutnya.
DelapanBelas, Diantara perintah untuk mencetak berikut, yang benar adalah ...
- System.Out.println(“Hello world ”);<br>
- System.out.Println(“Hello world ”);<br>
- System.out.println(“Hello world”);
- System.Out.Println(Hello world ”);
Penjelasan: Dalam menuliskan perintah mencetak sebuah data, ada aturan aturan yang harus kita penuhi. Jadi tidak bisa kita asal-asalan dalam menuliskan petintah atau syntax ini. Jadi aturan yang pertama adalah huruf S dalam kata System harus kapital, kemudian di ikuti .out.println kedua kata tersebut harud di hubungkan dengan titik dan huruf kecil. Setelah itu data yang akan di cetak harus berada dalam kurang melengkung serta kemudian harus memakai petik dua di awal dan akhir. Dan di akhir dengan titik koma. Jadi jawaban dari soal di atas adalah yang nomer 3. Baik, kita lanjut ke soal yang berikutnya.
SembilanBelas, Diantara pernyataan berikut, penulisan sintaks bufferredReader yang benar adalah
- int data = (new Integer( (new BufferedReader (new InputStreamReader (System.in))).readLine()).intValue());
- int data =BufferedReader = new BufferedReader(new input Stream Reader(System.in)).Readline( ).intValue( );
- int data =BufferedReader = new BufferedReader(new InputStreamReader(System.in)).Readline( ).intValue( );
- int data=(new Integer((new BufferedReader = new BufferedReader(new input Stream Reader(System.in))).readline( )).intValue( ));
Penjelasan: Apa sih fungsi bufferredReader? jadi fungsi buffered reader adalah membaca Sebuah Bialangan atau Carakter sehingga bilanggan tersebut dapat dimanfaat untuk Sebuah Program. Dan contoh penulisan syntax yang benar seper jawaban nomer 1. Baiklah lanjutke soal berikutnya.
DuaPuluh, Berikut adalah cara inisialisasi variabel bertipe class string, kecuali?
- String me = new String(“Inisialisasi 1”);
- String me; me = new String(“inisialisasi 1”);
- String me; me = new String “inisialisasi 1” ;
- String me; me = “inisialisasi = 1”;
Penjelasan: Jawaban dari soal nomer yang ke duapuluh adalah yang nomer 3. Karena semua jawaban dari pilihan di atas adalah benar. Kecuali dengan yang nomer 3. Jadi jawaban yang benar dari soal nomer duapukuh adalah yang nomer 3. Karena soal di atas yang di tanya kan adalah yang kecuali. Biaklah kita lanjut ke soal berikutnya lagi.
DuaPuluhSatu, Method yang digunakan untuk membandingkan dua buah data string adalah ?
- concat()
- equal()
- equals()
- length()
Penjelasan: Jadi fungsi equals() adalah membandingkan objek string yang bersangkutan dengan objek string, pada parameter fungsi ini, dengan membedakan antara huruf besar dengan huruf kecil. Jadi jawaban dari soal di atas adalah equals(). Baiklah kita lanjutkan ke soal yang berikutnya.
- 2
- 1
- 5
- 6
Penjelasan: syntax public class adalah unutk mendefinisikan sebuah class. Maka dari itu jawaban dari soal nomer ke dua puluh satu adalah yang nomer 2. Karena pendefinisan class terjadi pada baris pertama. Baiklah kita lanjut ke soal yang berikutnya.
DuaPuluhDua, Cara menambah tabel baru di MySQL-front yaitu dengan query?
- Create database
- Drop table
- Create table
- Delete database
Penjelasan: Dalam mysql untuk mengelola database atau tabel dalam DBMS dapat menggunakan query. Query adalah perintah yang di gunakan untuk memanipulasi sebuah data. Dan dari soal di atas di tanyakan cara untuk membuat sebuah table. Maka jawabanya adalah create table. Jadi itulah penjelasan dari soal di atas, Kita lanjut ke soal yang berikutnya.
DuaPuluhTiga, Syntax yang digunakan untuk menghapus database dalam MySQL adalah
- drop database
- create table
- delete table
- insert into
Penjelasan: jika membuat sebuah table menggunakan syntax create table, maka untuk menghapus database kita perlu menggunakan syntax atau petintah drop database. Baiklah, itu penjelasan dari jawaban soal nomer dua puluh tiga. Baik kita lanjutke soal berikutnya.
DuaPuluhEmpat, Penulisan tag HTML yang benar adalah
- <Tittle>............... <Tittle>
- <Head>.............<Head>
- <Html>................ <Head>
- <Html> ............. </Html>
Penjelasan: dalam penulisan struktur html yang benar, ada aturan-aturan yang harus di penuhi adalah tag html di awali dengan kurung siku dan di akhiri kurung siku juga. Kemudian untuk tag penutup html harus ada slash atau garis miring contohnya </html> seperti itu. Jadi jawaban dari soal nomer dua puluh empat adalah yang nomer 4. Baik, kita lanjut ke soal yang berikutnya.
DuaPuluhLima, Penulisan untuk pepmbuatan tampilan tabel yang yang salah adalah ?
- <table border="1"><tr> <td>baris 1, kolom 1</td><td>baris 1, kolom 2</td></tr></table>
- </table><p><table border=1> <tr><td>Ini contoh tabel sederhana dengan border</td></tr></table>
- <table border="1"><tr><td>baris 1, kolom 1</td><td>baris 1, kolom 2</td></tr><tr><td>baris 2, kolom 1</td><td>baris 2, kolom 2</td></tr></table>
- </table><p><border=1> <tr><td>Ini contoh tabel sederhana dengan border</td> </tr></table>
Penjelasan: Jawaban dari di atas adalah yang nomer 4, karena dalam tag setalah <p> adalah salah yaitu <border=1> karena border adalah sebuah atribut dalam sebuah tag. Dan dalam memasukan nilai dalam sebuah atribut harus di awali dan di akhiri dengan sebuah tanda petik. baiklah itulah penjelasan dari soal di atas, kita akan lanjut ke soal yang berikutnya.
DuaPuluhEnam, Editor untuk membuat file HTML banyak tersedia, diantaranya,kecuali?
- Sublime Text
- Atom
- Vscode
- Drimwaver
Penjelasan: Text editor adalah sebuah software yang biasanya digunakan oleh seorang programmer dalam menulis sebuah kode program. Text Editor kadang digunakan juga oleh seorang web designer untuk menciptakan halaman web yang didesain olehnya. Ada banyak sekali macam macam text-editor antara lain atom, sublime, drimwever dll. Nah jika lihat pilihan jawaban di atas maka yang tidak termasuk text editor adalah drimwaver karena tulisanya seharusnya adalah drimwever. Next ke soal selanjutnya.
DuaPuluhTujuh, Halaman web yang dapat diakses dan berinteraksi sesuai dengan keinginan merupakan teknologi web yang berbasis?
- Dinamis
- Statis
- Struktual
- Konten
Penjelasan: Web dinamasi adalah suatu web yang konten atau isinya dapat berubah-ubah setiap saat. Sebab dalam teknologi pembuatan web dinamis sudah dirancang semudah mungkin bagi pemakai atau user yang menggunakan web tersebut. Jadi dari pengertian di atas dapat di ambil jawaban dari soal di atas adalah dinamasi yang nomer 1. Baik, lanjut ke soal berikutnya.
DuaPuluhDelapan, Yang digunakan untuk menerangkan field name adalah?
- Description
- Caption
- Field
- Content
Penjelasan: Description atau dalam bahasa indonesia berati deskripsi. Fungsi ini di gunakan untuk menerangkan sebuah nama field. Maka dari itu jawaban dari nomer duapuluhdelapan adalah yang nomer 1 description. Baiklah lanjut lagi ke soal berikutnya.
DuaPuluhSembilan, Apa perbedaan MySQL dan SQL?
- SQL adalah bahasa permintaan sedangkan MySQL adalah software RDBMS yang mensupport bahasa SQL
- SQL adalah aplikasi bahasa permintaan sedangkan MySQL adalah perintah-perintah DBMS yang mensupport bahasa SQL
- SQL adalah aplikasi bahasa permintaan sedangkan MySQL adalah perintah-perintah DBMS yang mensupport bahasa pemrograman java.
- SQL adalah aplikasi sedangkan MSQL adalah perintah-perintah DBMS yang mensupport bahasa SQL
Penjelasan: Jika MySql adalah sebuah perangkat lunak system manajemen basis data SQL (DBMS) yang multithread, dan multi-user. MySQL adalah implementasi dari system manajemen basisdata relasional (RDBMS). Maka SQL adalah sekumpulan perintah khusus yang digunakan untuk mengakses data dalam database relasional. SQL merupakan sebuah bahasa komputer yang mengikuti standar ANSI (American Nasional Standard Institute) yang digunakan dalam manajemen database relasional. Jadi dapat di ambil kesimpulan jawaban dari soal nomer dua puluh sembilan adalah yang nomer 1. Baik, lanjut soal terahkir.
TigaPuluh, Perintah yang digunakan untuk memanipulasi data adalah?
- Query
- From
- Sheet
- Report
Penjelasan: Sudah di jelaskan di dalam penjelasan soal nomer dua puluh dua bahwa query adalah perintah yang di gunakan untuk memanipulasi sebuah database atau pun table. Jadi jawaban dari soal yang ketiga puluh adalah query.
Baiklah mungkin itu saja latihan soal serta penjelasan untuk teori juruan RPL. Semoga bisa membantu kalian dalam belajar menghadapi ujian mapel teori kejuruan ya. Bukan ujun hidup haha. Tentu saja latihan soal ini hanya untuk jurusan RPL. Baik, mungkin sekian dulu dari admin tentang Latihan Soal Teori Kejuruan kelas XII RPL Lengkap Jawaban Serta penjelasan. Semoga bermanfaat dan membantu kalian ya. Jika ada saran, pertanyaan atau pun kritikan bisa kalian tulis di kolom komentar ya. Wassamuaikum wr,wb. Terimakasih.
5 Comments
Sangat membantu saya dalam menghadapi ujian min terimakasih
ReplyDeleteMantul minn
ReplyDeleteMakasih admin. Bermanfaat bagi ulangan
ReplyDeleteBisa buat belajar ,makasih gan
ReplyDeletewah mantul min, makasih min
ReplyDelete